Rabu, 19 Oktober 2011

Kenapa bekerja di Bank konvensional itu haram ?


Kenapa bekerja di Bank konvensional itu haram ?
Sebagai mahasiswa ekonomi tingkat akhir dengan nilai IP pas-pas an saya Cuma mau berbagi ilmu selama kurang lebih 3 tahun saya kuliah..
Bekerja di bank ? siapa yang tidak mau..
Melihat orang-orang yang bekerja di bank dengan gaji yg berlimpah + bonus serta tunjangan siapa pula yg tidak mau..tp setelah tidak sengaja berkecimplung di dunia perekonomian ternyata saya baru sadar kalo menurut sebagian cendikiawan kalo bekerja di bank itu haram…
Kenapa bisa haram? Apakah bank itu najis/kotor? Atau ada sebablain?
Seperti yg kita ketahui dalam hukum islam bahwa riba itu haram hukum nya.. kenapa? Buat yg tanya kenapa ya jelas itu karena bungan yg mencekik serta merugikan salah satu pihak..
Oke mungkin gue ambil salah satu contoh..
Pak bambang pinjam ke Bank ABC 100jt  untuk modal usaha lalu di setujui pihak bank setelah melihat kelengkapannya dengan syarat selama 10 tahun total hutang yg di bayar adalah 150jt (+bunga) Namun setelah 5 tahun usaha berjalan ternyata usaha pak bambang mengalami kebangrutan sehingga tidak mampu membayar hutang sampai akhirnya pihak bank tidak mau tau kalau hutang tersebut harus di bayar semua sekaligus bunganya kalau tidak sertifikat tanah pak bambang akan di ambil..
Itulah mengapa islam mengharamkan riba karena ada salah satu pihak yg di rugikan
Lalu apa hubungannya dengan kerja di bank? Kan kita hanya bekerja sebagai Back Officer atau Teller atau CS ?
Ternyataa… jeng jeng…
Ada di suatu ayat Al-Qur’an yg menjelaskan bahwa :
“Siapa saja yg melakukan baik itu Pelaku, ataupun saksi dari transaksi riba maka dosa mereka adalah sama”
(CMIW)
Mungkin dari situlah mengapa benerja di bank di anggap haram karena kita adalah saksi, dan siapa saja yg menabung di bank juga secara tidak langsung terkena debu riba tersebut…
Masya Allah.. Sungguh dahsyat nya debu riba~

2 komentar:

  1. nasabah tanpa bunga adalah HALAL menabung di bank manapun.

    Karena nasabah tanpa bunga tidak tersentuh uang riba.

    Apakah jika anda mentraktir saya makan dengan uang curian,lalu apakah makanan yang saya makan adalah HARAM? Walaupun saya tahu itu adalah uang HARAM?

    makanan itu tetap HALAL bagi saya.

    Anda tahu KAFIR? Semua uang kafir HARAM atas yang maha kuasa,semua yang di makan kafir adalah HARAM atas yang maha kuasa,karena semua tindak tanduk kafir adalah DOSA!

    lalu.,,apakah jika orang KAFIR memberi saya KUE.lalu KUE itu saya makan.

    apakah KUE itu HARAM?

    Dunia sangat rumit,kadang akal tidak mampu mengolah hukum alam yang mengejawantah,,,karena yang maha kuasa telah mengatakan ''dan jadilah orang orang yang berfikir''.

    BalasHapus
  2. susuatu yang brasal dari bunga itu haram.

    jngan bertelele . .. beda sama halnya seorang non muslim mengasih sesuatu kpda kita. . .misal kita tidak tahu agamanya ... apa perlu kita tanya agama ? bisa tersinggung
    yg perlu hanya menghargai terhadap sesama.... muslim maupun non muslim.

    BalasHapus