Kamis, 05 Januari 2012

Tugas Etika Profesi akuntansi 3


1. Mengapa suatu profesi perlu etika? Jelaskan pendapat saudara!
    Karena dengan adanya etika dapat menimbulkan profesionalitas terhadap suatu profesi, dengan adanya profesionalitas maka akan timbul juga sifat independensi dimana hal tersebut saling berkaitan dan berdampak positif bagi masyarakat. 

2. Jelaskan 4 kebutuhan dasar yang harus dipenuhi suatu profesi? dan berilah contohnya masing-masing!
  •  Kredibilitas = Kredibilitas adalah kualitaskapabilitas, atau kekuatanuntuk menimbulkan kepercayaan.
              Contohnya = Kredibilitas pemerintahanan terhadap masyarakat. Pemerintahan harus dapat bekerja dengan kualitas yang baik sehingga masyarakat dapat percaya atas kinerja pemerintahan yang baik.

  • Profesionalisme = Merupakan sifat kemahiran, kemampuan, cara pelaksanaan dari sesuatu yang dilakukan oleh seseorang.
           Contohnya = Profesionalisme pada setiap bagian organisasi untuk menjalankan tugasnya, dan dapat mempertanggungjawabkan kemampuan kerjanya.

  • Kualitas Jasa = Kemampuan untuk memberikan pelayanan yang sesuai dan baik kepada masyarakat. 
          Contohnya = Memberikan pelayanan dengan sebaik-baiknya kepada pelanggan, sebagai profesi yang mempunyai kualitas jasa yang baik.
  • Kepercayaan = kepercayaan (trust) sebagai derajat di mana seseorangyang percaya menaruh sikap positif terhadap keinginan baik dan keandalan orang lain yang dipercayanya di dalam situasi yang berubah ubah dan beresiko.

    Contohnya = Memberikan kepercayaan kinerja kepada para karyawan atau pekerja dalam menjalankan suatu organisasi yang akan dicapai bersama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar